Air Zam-Zam dan Kurma

Oleh : Andriyanto *)

AIR ZAM-ZAM

Menyambut bulan Ramadhan 1433 H di tahun 2012 M ini sungguh sangat relevan kalau kami menulis secara singkat apa Air Zam-Zam dan Kurma itu yang sering dikonsumsi oleh Kaum Muslimin di bulan Puasa. Di dalam al-Qur’an Allah SWT menyebut Air Zam-Zam dengan istilah ‘’Aayaatun bayyinaatun (air Zam-zam). Air Zam-Zam menjadi hiasan yang menghiasai keagungan Baitullah yang sakral.Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Ya Allah sesungguhnya aku meminta ilmu yang manfaat, dan rizki yang luas, dan penyembuh dari tiap-tiap penyakit.”  Selanjutnya, Air itu (Air Zam-Zam) diusapkan pada tempat yang sakit. Dengan Izin Allah, InsyaAllah akan segera sembuh.

Perbedaan Air Zam-Zam dengan air biasa adalah Air zam – zam adalahair yang mempunyai rangkaian molekul H2O yang membentuk formasi heksagonal,akan tetapi air biasa mempunya rangkaian molekul H2O yang hanya membentuk formasi pentagonal.Hal ini yang membuat air zam – zam lebih mudah masuk ke dalam sel, sehingga mengaktifkan proses metabolisme sel, dan menghasilkan lebih banyak energi. Selanjutnya, ia juga lebih efektif melarutkan dan membuang zat sisa metabolisme yang bersifat racun bagi tubuh.

Adapun kandungan gizi Air Zam-Zam adalah mengandung Kalsium198 mg; Magnesium43,7 mg; Klorida335 mg; Belerang370 mg; Besi0,15 mg; Mangan 0,15 mg; Tembaga0,12 mg. Dengan kandungan mineral yang lebih banyak pada air Zam-Zam dari pada air mineral lainnya, maka dari itu air Zam-Zam sangat menyegarkan bagi jamaah Haji/Umrah yang kelelahan. Selain itu kandungan fluoride yang terkandung pada Air Zam-Zam, efektif membunuh kuman dan membuat air Zam-Zam seolah sudah mengandung obat.

Manfaat lain Air Zam-Zam adalah terdapatnya Kalsium yang berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi, serta berperan penting di dalam reaksi pembekuan darah, di mana reaksi ini sangat diperlukan selama proses penutupan luka dan penghentian aliran darah. Adanya Ion fluor pada Air Zam-Zam juga merupakan salah satu ion penting yang mempunyai peranan sebagai antibiotik.

Namun, perlu kami sampaikan bahwa Air Zam–Zam bukanlah obat meskipun dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Air Zam-Zam adalah air yang hanya mendukung terciptanya kesehatan yang lebih optimal sehingga tubuh mampu melindungi diri dari ancaman penyakit.

 

KURMA

Allah SWT telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain. Allah menyebutkannya dalam Al-Qur’an di 20 tempat yang berbeda. Salah satunya dalam QS Al Maryam : 25 – 26 menyebutkan “Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka Makan, minum dan bersenang hatilah kamu.”

Sabda Rasulullah SAW : “Kurma ‘Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun”. (HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shohih).

Kurma (Phoenix Dactylifera) : Pohonnya semacam palem. Berasal dari negeri Arab .Pohon ini dikembangkan terutama untuk diambil buahnya dan telah ditanam 8000 tahun yang lalu terutama di Babilonia.

Kurma banyak ditemukan di padang pasir (kering) dan bisa mencapai tinggi 30-35 meter. Mulai berbunga setelah umur 6-16 tahun, ada dua jenis jantan dan betina dengan bentuk bunga lebih besar untuk yang berjenis jantan. Buah kurma berbentuk lonjong dengan ukuran 2-7.5 cm dengan warna yang bermacam-macamantara coklat gelap,kemerahan, kuning muda dan berbiji.

Tumbuh baik di tanah berpasir,pasir padat ataupun liat. ia dapat toleran dengan tanah yang memiliki kandungan senyawa alkali. Tumbuh pada temperature 900oF (32.2 oC) dan tidak sering terjadi hujan.

Varietas kurma umumnya terbagi atas 3 jenis, yakni :

  1. Kurma basah ( Ruthab ) : bercirikan berdaging empuk, sangat lembab dan mengandung sedikit gula.
  2.  Kurma agak kering : bercirikan dagingnya kenyal, tidak berair, berkandungan gula tinggi.
  3.  Kurma kering ( Tamer ) : berkadar gula tinggi, berkelembaban rendah, kering berdaging keras.

Rosulullah Menganjurkan berbuka puasa dengan kurma basah (ruthab), kalau tidak ada dengan kurma kering, kalau tidak ada dengan meminum air seteguk demi seteguk”. ( HR Abu Dawud no.2356 ).

Hadits ini mengandung hikmah agung secara kesehatan. Yang diperlukan oleh orang yang berpuasa adalah zat gula yang mudah diserap oleh darah, lambung dan usus. Zat gula (glukosa dan fruktosa)  memerlukan waktu 5-10 menit untuk diserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong. Sehingga waktu tersebut dapat digunakan sementara untuk menjalankan sholat maghrib.

Pangan fungsional Kurma, antara lain sebagai berikut :

  1. Kurma mengandung TANNIN yang tinggi sebagai zat pembersih dari zat yang menciutkan ketika terjadi gangguan pencernaan juga anti-hemoroid.
  2. Kurma mengandung Serat selulosa yang berguna untuk membangkitkan kerja usus.Serat ini tidak dapat dicerna oleh alat pencernaan kita,  sehingga dapat menjaga tubuh supaya terhindar dari kekurangan makanan dalam perut.
  3. Salisilat pada kurma dapat mempengaruhi prostaglandin yang akhirnya dapat menurunkan tekanan darah. Sehingga kurma aman dan baik dikonsumsi penderita hipertensi.
  4. Di dalam kurma ada beberapa bahan Kimia yg mempengaruhi hormon Oksitosik (hormon kewanitaan), yang dapat membantu percepatan kelahiran, dapat mengurangi resiko pendarahn saat melahirkan, serta dapat juga memperlancar ASI.
  5. Tamer pada kurma dapat memberi efek Relaksasi pada syaraf, karena Tamer memiliki pengaruh langsung pada kelenjar gondok (Tiroid), maka para Dokter menganjurkan memberi tamer kepada orang yang terganggu jiwanya agar lebih tenang. Dalam Ilmu kedokteran ditemukan bahwa Tamer secara langsung dapat membunuh cacing dalam tubuh.
  6. Mengkonsumsi 100 gram kurma, dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan menghambat penyerapan lemak atau kolesterol dalam usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah menurun.
  7. Kurma dapat meningkatkan thrombosit pada penderita demam berdarah.
  8. Telah diketahui adanya unsur lain di dalam kurma yang komposisi dan pungsinya sangat mirip dengan hormon estrogen. Juga berperan dalam siklus menstruasi, distribusi lemak di dalam tubuh, produksi insulin, produksi sperma pada pria.

*) Direktur Akademi Gizi Surabaya dan Ketua Umum PERSAGI Jawa Timur

—————-

1,727 total views, 1 views today

comments

You may also like...