Si Mungil Buah Anggur

Buah Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae dan genus Vitis. Bentuk buah anggur hampir bulat dengan kulit buahnya berwarna merah kehitaman, hijau, kuning keemasan, atau ungu dan dilapisi tepung. Daging buahnya mempunyai rasa asam manis, dan kandungan airnya banyak. Jenis asam yang dominan pada anggur adalah asam maleat dan asam sitrat. Penyebab rasa manis pada anggur adalah tingginya kadar glukosa dan fruktosa.

Anggur berasal dari Armenia, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Teknologi pengolahan anggur menjadi wine pertama kali dikembangkan orang Mesir pada 2500 SM lalu menyebar ke Yunani, daerah Laut Hitam sampai Spanyol, Jerman, Prancis dan Austria sampai Indonesia.

Buah anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang menyegarkan dan berkhasiat mencegah penuaan dini. Selain itu, buah ini mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E, dan K (kalium). Vitamin C, selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (anti sariawan), juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh.

 

Khasiat Bagian-bagian Buah Anggur

Bagian kulit anggur mengandung apa yang disebut Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian ditemukan pula bahwa mengkonsumsi jus buah anggur yg tidak dikupas dapat membantu mengeliminasi infeksi mulut & tenggorokan.

Kita umumnya lebih menyukai anggur tanpa biji. Kalau sedang “sial” mendapatkan anggur berbiji, orang akan meludahkan biji-bijinya setiap kali mereka mengunyah buah anggur. Padahal, sama seperti daging buahnya, biji-biji anggur pun berlimpah senyawa berkhasiat.

Mineral mikro yang sudah lebih dulu diketahui banyak terdapat dalam biji anggur terutama anggur merah adalah seng dan mangan. Kedua mineral mikro tersebut terutama amat penting untuk menjaga libido seks pria, menjaga kesuburan pria. Manfaat lain seng dan mangan bagi kesehatan pria adalah mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.

Belakangan banyak dijual suplemen ekstrak biji anggur merah, yang diklaim bisa mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) termasuk mencegah stroke dan serangan jantung. Selain itu, juga dikatakan dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen yang akan menggantikan kulit tua atau rusak. Senyawa yang dipromosikan khasiatnya tersebut adalah proantosianidin (proanthocyanidin), populer dengan istilah OPC.

Prof Ali Khomsan mengatakan jika biji anggur mengandung pycnogenol sebagai penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah (anti aging), juga mengandung antioksidan flafonol yang melawan radikal bebas dan mendukung perkembangan serta perbaikkan jaringan tubuh.

Anggur disebut mengandung karotenoid dan likopen yang tinggi. Kedua zat kimia tersebut dikenal luas akan kemampuannya menghambat berbagai penyakit tubuh. Kandungan antioksidan dalam anggur tersebut sudah diyakini kalangan luas sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit akibat penuaan.

Sari buah anggur membersihkan gumpalan-gumpalan kotoran dan melancarkan pembuangan air seni, meningkatkan curahan cairan dari empedu, dan meluruhkan sisa-sisa pembuangan di dalam pencernaan

Flavonol di dalam benih buah anggur baik untuk membantu penyembuhan buta senja, kerusakan retina, dan meningkatkan kualitas penglihatan. Senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.

Melalui tes laboratorium, jus anggur terbukti mampu menghentikan produksi hormon estrogen dalam sel. Penelitian terakhir menggunakan tikus yang ditanami sel tumor menunjukkan bahwa tikus yang diberi 0,5 ml jus anggur selama lima minggu, ukuran tumornya hanya sepertiga dari tikus yang tidak diberi jus anggur.

Banyaknya khasiat buah anggur telah dipandang sebagai peluang bisnis oleh berbagai produsen minuman dalam kemasan sehingga kini kita bisa mengkonsumsi sari buah anggur kapan pun yang kita mau. Selain menyegarkan,buah anggur juga kaya manfaat. Nyatanya buah itu juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, lemah jantung dan masalah kulit.
Kandungan zat gizi dan manfaat si mungil “ Anggur “

  1. Magnesium: Berguna dalam melancarkan      pencernaan dan mengatasi masalah buang air besar
  2. Laksatif : Membantu membersihkan usus dan mencegah sembelit
  3. Potassium : menjaga keseimbangan elektrolit
  4. Resferatol : mengurangi resiko penyakit arterosklerosis
  5. Flavonol : mengurangi rabun dan kelainan retina.

 

Tiap 100 gram anggur paling tidak 25 komponen gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan mineral dalam anggur yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh antara lain mangan. Zat itu sangat diperlukan tubuh dalam sintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula dalam darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk metabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Buah anggur merah dikenal banyak mengandung mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi cukup besar dalam buah anggur merah diantaranya adalah karbohidrat 10,5 gram, lemak 6,2 gram, kalsium 16 mg, fosfor 24 mg, zat besi 0,8 mg, dan niacin 0,9 mg.

Kandungan vitamin C, B6, K dan B1 dalam anggur juga tinggi dengan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Vitamin C buah anggur dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka. Kandungan B6 pada anggur juga sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal.

Manfaat lain yang dimiliki anggur adalah untuk mengatasi kelelahan dan hipoglikemi karena kandungan gula alaminya yang sangat tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Jus anggur dipercaya dapat mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus seperti influenza, polio dan herpes. Selain itu, biji anggur juga diyakini mengandung mineral, seng dan mangan yang bermanfaat bagi tubuh.

Meskipun manfaat buah anggur merah sangat baik untuk menjaga kesehatan, namun buah anggur merah juga dikenal bersifat basa sehingga kurang baik bagi tubuh. Apalagi kalau konsumsinya dilakukan dalam jumlah berlebihan.

 

Tips memilih buah anggur yang baik

  1. Buah anggur tersebut masih melekat kuat pada tangkai / batangnya.
  2. Harus terlihat halus, berdaging tebal dan segar
  3. Memiliki warna yang cerah (tidak pucat)
  4. Berbentuk bulat tanpa ada lubang ataupun kerutan di kulitnya
  5. Buahnya tidak terasa lengket bila dipegang
  6. Pilih anggur yang benar matang untuk mendapatkan antioksidan tinggi
  7. Anggur termasuk buah yang rawan sisa pestisida. Jika memungkinkan pilihlah anggur organik. Jika tidak rendam anggur yang bercampur garam dan cuka selama 10 menit untuk menghilangkan sisa pestisida, simpan dalam kulkas agar beratahan lama selama beberapa hari.

 

Sabun Anggur ?

Dari manfaat buah Anggur yang sedemikian banyak, maka ahli kecantikan menggunakan anggur sebagai sabun (sabun anggur), yang sangat berkhasiat membersihkan dan mengencangkan kulit, melarutkan lemak, menyejukkan kulit dan memperkecil pori-pori di wajah. Kandungan resveratroli maupun unsur fitokimia dalam buah anggur merah sangat bermanfaat dalam menjaga kehalusan kulit, perawatan wajah, serta mencegah proses penuaan dini.

Bagaimanapun yang alamiah jauh lebih baik dari pada yang buatan !

*) Direktur Akademi Gizi Surabaya

2,818 total views, 1 views today

comments

You may also like...